Your Ad Here

Saturday, March 2, 2019

Didiet Maulana Keluhkan Ada Designer Plagiat



Jakarta - Adalah Didiet Maulana, desainer lokal yang dikenal fokus mengeksplorasi kain Indonesia. Karya rancangan Didiet dikenal detail dan mengemban kisah di baliknya. Jadi, sangat wajar jika banyak desainer lain yang terinspirasi dari karya lelaki 38 tahun tersebut.

Sungguh sangat disayangkan bila kekaguman itu direfleksikan ke perbuatan tak menyenangkan. Lewat sederet unggahan di akun Instagram-nya, @didietmaulana, beberapa waktu lalu, sang desainer bercerita tentang karyanya yang kena plagiat.

"Kata terinspirasi beda dengan menyontek. Saya dan team menghabiskan waktu untuk melakukan riset dengan proses yang patut diapresiasi. Bukan tidak mau dicontek, tapi ada marka untuk melakukannya. Desainer hidup dari buah pikir. Hargai itu," begitu kalimat-kalimat yang tertulis di salah satu unggahan.

Didiet Maulana menambahkan, value rancangannya jadi lebih bermakna jika sudah berbicara tentang kebaya. Pasalnya, ia memerlukan proses riset begitu panjang untuk bisa menghasilkan satu look. "Jangan tiru bentuknya. Tapi, tiru bagaimana saya bisa mendapatkan output design seperti ini," tulis Didiet.

"Karena apa yang saya lihat ini seperti plagiat. Hargai diri Anda sendiri dengan tidak meng-copy blak-blakan," sambungnya ditegaskan dengan kalimat, "No Copy Paste on design!", di keterangan foto.

Ia menuturkan, desainer tak hanya hidup dari ruang, namun 'oksigen apresiasi' dari karya yang dihasilkan. "Kalau bukan kita sesama desainer yang saling menghargai, mau dibawa ke mana dunia kreativitas?" ucap Didiet Maulana.

Sumber : Liputan6.com

0 comments:

Post a Comment